Liburan ceria Wikan, ya main air

wikan_air-menari_taman-pintar-yogyakarta_fian-me

Jika ditanya liburan apa yang paling membuat ceria sekarang adalah ketika Wikan bisa sangat menikmati tempat yang kami kunjungi. Kalau dulu sih ke mana aja oke, tapi kalau sekarang Wikan jadi pertimbangan.

Dan tempat yang paling membuat Wikan bisa enjoy main adalah tempat di mana yang ada airnya: laut, kolam renang, air menari, sungai, asal dia bisa nyebur dan main air maka menjerit kegiranglah dia.

Gampang, kalau mau murah tinggal ke kolam renang dekat rumah. Kalau mau agak jauh (dan mahal) ya ke pantai. Kalau mau lebih mahal lagi, ke pantai yang bukan di Jakarta, sambil ibu bapak Wikan liburan tanpa membawa laptop. Soalnya kalau liburannya dekat-dekat ibu bapak Wikan kadang masih bawa laptop, kejar setoran, eheheh.

Si Wikan ini anaknya kalau sudah sama air bisa lupa segalanya, apalagi waktu. Padahal untuk anak usia dia (3 bulan – 2 tahun) belum bisa terlalu lama main di air karena lebih cepat kedinginan. Jadi, saya masih batasi waktu dia bermain air (baik itu berenang atau hanya main pancuran saja), maksimal 30 menit.

Selain masalah waktu beradaย di air, ada beberapa hal yang kami perlu cermati agar liburan bersama Wikan menjadi tetap aman, nyaman, dan menyenangkan. Tentunya sebelum Wikan bisa mandiri, semua kegiatan air Wikan harus ditemani untuk keselamatannya.

Jika ke pantai kami biasanya membawa mainan kesukaan Wikan. Tapi biasanya sih akan lupa dengan mainannya karena dia lebih enjoy melempar kami dengan pasir pantai atau kejar-kejaran dengan ombak ๐Ÿ˜€

Nggak lupaย memakaikan Wikan sunblock supaya kulitnya nggak terpanggang dengan matahari. Terutama ibunya juga sih, udah capek-capek luluran sampai cling kayak porselen kena matahari langsung terbakar kan nggak asik banget.

Masalah waktu berenang di pantai juga menjadi pertimbangan kami.ย Biasanya kami menunggu setelah jam 2 siang untuk berenang. Jadi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin juga.

Lalu mengenakan baju yang nyaman untuk ke pantai itu wajib banget. Biasanya saya pakaikan kaos berbahan katun dan tidak terlalu terbuka agar bisa menahan angin pantai.

Wikan di LifeSpa Swimming Pool_5.jpg

Kalau ke kolam lain lagi yang dipakai. Kita musti juga mempertimbangkan kebersihan orang lain dan juga kolam, maka kalau di kolam Wikan pakaiย swim diaper. Karena bayi dapat menularkan penyakit ke orang lain melalui kotorannya kalau poop di kolam, juga sebaliknya.

Baik itu berenang di pantai, kolam, atau bermain air, Wikan kami wajibkan makan terlebih dahulu sebelum main air. Paling tidak satu sampai setengah jam sebelum main air, perut Wikan harus terisi makanan. Kenapa diberi jarak? Kalau Wikan kekenyangan karena baru saja makan, dia bisa muntah.

Menjaga mood Wikan juga kami lakukan. Meskipun dia suka sekali main di air, tapi dia kadang bisa saja nggak enjoy, karena saking senangnya sampai lelah dan akhirnya jadi rewel. Makanya membatasi maksimal 30 menit itu agar Wikan nggak terlalu capek,ย supaya dia nggak rewel atau nggak terlalu rewel.

Wikan dan ibu di pantai_fian.me.JPG
Jaga mood Wikan dengan ikutan teriak-teriak ๐Ÿ˜€

Setelah Wikan selesai main air, kami memastikan tubuh Wikan langsung kering dan hangat. Biasanya kami membawa handuk katun yang agak tebal biar badan Wikan cepat kering. Mengecek telinganya juga dan mengeringkan telinganya secepatnya begitu dia keluar dari air dengan bola kapas atau handuk. Ini dilakukan supaya tidak ada air yang terjebak yang bisa mengakibatkan infeksi telinga.

Setiap liburan dengan Wikan, pasti akan ketempat yang berbau-bau air. Dan perpindahan dari panas ke dingin ke panas lagi dengan frekuensi yang cukup sering membuat Wikan berisiko demam. Jadi, ke mana-mana kami harus bawa obat-obatan, terutama untuk Wikan adalah obat penurun panas.

wikan dan tempra_fian.me.jpg
Wikan ikut nyempil tapi sambil lari-larian waktu packing, jadi nggak fokus.

Untuk obat penurun panasnya kami percayakan pada Tempra. Karena Wikan sudah lebih dari satu tahun dan cuma Tempra Syrup rasa anggur yang Wikan mau mangap minum obat. Tempra cepat menurunkan demam.ย Tempra Syrup mengandung paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Danย untuk anak-anak, Tempra tidak menimbulkan iritasi lambung. Jadi cocok banget untuk Wikan, sehingga dia langsung bisa ceria lagi sehabis demam.

Sekarang siapa yang mau ajak Wikan ke pantai, atau kolam renang boleh deh! Yuk, yuk, yuk, kita playdate ๐Ÿ™‚

Wikan dan bapak di sungai_Fian.me.JPG
Main di sungai juga ayok!

*) Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.

42 Replies to “Liburan ceria Wikan, ya main air”

  1. Ahh.. senangnyaa. Penuh tawa dan canda ๐Ÿ™‚

    1. Ayo kapan main air lagi?

  2. anak kita sama hobinya mba, main air ;p.. pdhl aku ga terlalu seneng biasanya, krn identik panas aja sih.. apalagi pantai.. kdg sunblock itu ga ngaruh juga :D.. jd kalo dia udh pgn berenang, pasti papinya deh yg nemenin… bisa susah bgt kluar dr air itu..

    1. Hi Mbak Fanny, iya sunblocknya seringnya lupa juga udah kegirangan liat air ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Si Wikan kalo udah mau diangkat pake nangis-nangis dulu dia. Yok kapan playdate ๐Ÿ™‚ Salam kenal, Mbak Fanny ๐Ÿ™‚

  3. Hahahahaha… anak-anak kalau udah ketemu air serasa dunia penuh dengan fantasi ๐Ÿ˜€

    1. Serasa dunia miliknya sendiri ya, hahaha ๐Ÿ˜€

  4. Anak anak paling suka kalau udah nyebur di air. Lupa waktu deh kadang. Kadang kalau ngga ke pantai, hujan depan rumah pun jadi. Haha.

    1. Hi Mbak Levina, salam kenal. Iya bangeeet. Sayangnya kalo di Jakarta air hujannya kotor tercampur polusi, jadinya belum pernah main hujan aja si Wikan, padahal dia suka banget lihat hujan. Heheh

  5. Wah,, seru banget Wikan.. Kpn2 ajak budhe dong… ๐Ÿ˜€

    1. Ayok, bude, ikutan ๐Ÿ˜€

  6. Daniek Hendarto says: Reply

    Di klaten Ada mata air alam yang dibuat kolam bisa diajak ke sam wikan mbak.

    1. Mau ya, Pakde, kalo Wikan ke Jogja diajak ke Klaten ๐Ÿ™‚

  7. Wikaaaan! Sama kayak aku. Sukanya berenang! xD ayoo kapan-kapan kita berenang bareng ke Pulau 1000 ๐Ÿ˜€

    1. Ayoook, tante bayarin yaaak ๐Ÿ˜€

  8. Alfan Nasrulloh says: Reply

    Wikan seneng main air ya… sama kayak Umar, tapi umar baru berani di pinggir ember, diluar pula. Kalau masuk kayaknya masih takut.

    1. Wah si Umar, ayok dong kapan-kapan ke kolam yak.

  9. Wah seru banget, selanjutnya jangan cuma main air ya Wikan, belajar berenang juga ๐Ÿ˜€

    1. Hahaha, itu udah pernah tapi belum berhasil, pakde ๐Ÿ˜€

  10. Jadi pengen main air bareng wikan, yuk yuk kapan ๐Ÿ˜€

    1. Ayook, tantee yoook

  11. Wah asik yaa Wikan seneng main ke pantai..anakku juga suka banget, tapi belom pernah nih ngajak dia liburan kusus mantai dan main2 air…pokonya biar dia main sepuasnya… harus dipikirin ni kayanya biar hepi kaya Wikan ๐Ÿ˜‰

    1. Hi Mbak Dewi, salam kenal. Perlu banget dong diajak main air, sekalian bapak ibunya leyeh2 juga (atau malah nggak ya?)

  12. lama main air… ga takut demam ya mba.. ada tempra…

    1. Hehe, iya mbak. Yang penting sedia payung sebelum hujan ๐Ÿ™‚

  13. Halo mama Wikan salam kenal ya aku maminya KENZO hehehe
    Seneng ya bisa liat anak main bebas gitu. Eh tapi aku juga kadang ngeri mbak kalau di kolam renang hehehe
    Untung ada tempra ya jadi aman kalo anak demam

    1. Hai Mami Kenzo, salam kenal yaaa. Iyah, memang harus banget dijagain kalau lagi main di kolam atau di pantai. Musti mengekor takut kepleset.

  14. Keren..anakku jg suka klo dimandiin umur nya baru satu bulan

  15. Wow…
    Anak saya juga.

  16. Waaa, bole bole, kita booking si Ucok ya, Mak ๐Ÿ˜€

  17. Wow, nanti Wikan diceritain ya, pakde bukunya Richard Dawkin. Bisa jadi juga sih, hanya Tuhan yang tau ๐Ÿ˜€

  18. Anakku tiga-tiganya juga kompak mba… suka main air semua, ga bosen-bosen ya mereka…hihihi

  19. Waah Wikan suka main air ya….By the way baru tau ada swim diaper. Bentuknya seperti apa ya mbak? penasaran jadinya. Trus pertama kali Wikan diajak berenang umur berapa ya? Pengin ajakin berenang babyku ntar kalau dah agak gede. (anak ketigaku)

    1. Hi Mak Nunung, swim diaper macem-macem modelnya, yang pasti bikin emaknya galau, hahaha. Si P*****s juga ngeluarin tuh splash diaper. Kalau Wikan dulu aku cemplungin di kolam umum setelah 6 bulan kayaknya, mak.

  20. anak kecil di mana-mana sama saja ya ternyata…suka maen air. aduh Wikan lucu banget deh gayanya, main di airnya jangan kelamaan ntar bisa demam loh ^^

    1. Hahaha, iya, mak. Anak-anak suka banget ya main air. Siap, sementara dibatasi 30 menit :p

  21. Aha tos dulu dong. Anakku juga paling suka main air. Terakhir camping di Wediombo malah diving alias slulup di ombak hihihi. Tapi kalo liburan ceria versi Re si cukup taman atau tempat lapang yang bisa buat lari-larian sepuasnya. Anakku murah banget pikniknya. Simbok yang senang, ngirit.

    1. OMG sebegitunya lama kita tak bersua udah pada punya buntut yak. Kalo di Jogja mau lah playdate yoook. Iya banget, kalo lagi ngirit tinggal ke kolam renang di sebelah aja, bayar 5,000 ๐Ÿ˜€

  22. Nice share
    Cerita melengkapi senja ini

    Ttd. Mbah amin, mbah lutfi

  23. Anak-anak emang paling suka main air ya mbak.
    Jgnkan renang, main pancuran dll, nuang2in air aja seneng hehe

  24. Anakku juga hobi banget main air. Pantang lihat air langsung minta mandi

  25. anak sy suka main air..dari kecil udah nyemplung di kolam renang

  26. Waahh Wikan udah berani main di laut, yaaa. Senangnyaa ๐Ÿ™‚

Leave a Reply