Diary PPEJ 2017: Prioritas Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui

Featured image_fian_me

Yang sedang hamil atau mempersiapkan kehamilan boleh angkat tangan dong! Karena saya mau berbagi mengenai pentingnya kesehatan plasenta untuk perjalanan kehidupan si kecil, plus pengaruh nutrisi terhadap pembentukan system saraf dan redflag si kecil.

Ilmu ini saya dapat dari acara “Prenagen Pregnancy Educational Journey” (PPEJ 2017) yang diadakan di Jakarta pada 8 April 2017 lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kampanye “Prenagen Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat” di tahun 2017 dan bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih Prenagen.

Termasuk saya yang dulu waktu hamil Wikan minumnya Prenagen biar bisa mengurangi mual pada trimester pertama dan juga tentunya demi nutrisi yang baik buat Wikan.

Senang sekali rasanya bisa datang ke acara ini dan menambah ilmu seputar kehamilan, meskipun masa kehamilan sudah lewat. Dan nggak menyangka ternyata acaranya heboh dan meriah banget! Nggak hanya para ibu saja yang hadir, tetapi juga para suami turut serta.

Konsultasi gratis untuk bumil atau pasangan yang sedang mempersiapkan kehamilan. Photo by: Fian Khairunnisa
Konsultasi gratis untuk bumil atau pasangan yang sedang mempersiapkan kehamilan. Photo by: Fian Khairunnisa

Pentingnya Plasenta

Nah, saatnya ngomongin soal plasenta atau ari-ari nih. Seberapa penting sih plasenta itu?

Yang pernah hamil, ada yang masih ingat apa itu plasenta dan peran plasenta untuk janin?

Kalau dr. Boy Abidin, SpOG (K) yang jadi pembicara pada event PPEJ 2017 nggak sharing tentang plasenta, tentu saja saya lupa apa itu plasenta dan apa perannya! Hahaha, sebegitu mudahnya lupa padahal baru 2,5 tahun yang lalu. Untung diingatkan kembali sama pak dokter.

Dr. Boy Abidin sharing tentang pentingnya plasenta. Photo by: Fian Khairunnisa
Dr. Boy Abidin sharing tentang pentingnya plasenta. Photo by: Fian Khairunnisa

You are what your mother eat,” begitu kata dr. Boy.

Kok bisa gitu, apa hubungannya plasenta dengan makanan?

Iyalah ada hubungannya, karena plasenta merupakan organ nutrisi yang membawa nutrisi penting yang dibutuhkan dan oksigen ke janin. Garisbawahi ya nutrisinya, karena peran plasenta yang lain adalah sebagai penyaring makanan yang dimakan ibu, dan hanya makanan yang baik yang disaring. Makanan yang tidak baik otomatis nggak disaring dong.

Tapi jangan mentang-mentang plasenta ini bisa menyaring mana makanan yang baik dan bukan, lantas si ibu sembarangan makannya. A big NO! Tentu saja kalau si ibu selalu makan makanan yang baik, maka gizi si janin pun akan baik.

Salah satu asupan zat nutrisi adalah susu. Prenagen sendiri memiliki dua produk susu untuk masa kehamilan, yaitu Prenagen mommy emesis dan Prenagen mommy.

Zat-zat yang ada di dalam susu Prenagen yaitu asam folat, mikroenkapsulasi zat besi, vitamin B12, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D, omega 3 & 6, adalah zat-zat yang dibutuhkan bagi bayi dalam kandungan. Tentu saja selain susu, ibu musti makan-makanan bergizi lainnya, buah dan sayur are a must!

Jadi si plasenta inilah nanti yang angkut-angkut nutrisi yang di makan ibu ke janin.

Selain itu plasenta berperan sebagai organ yang mempertahankan kelangsungan dan kesehatan kehamilan. Plasenta juga merupakan salah satu kompartemen kehamilan sehingga kesehatan organ ini harus diperhatikan karena akan memberikan dampak kesehatan jangka panjang terhadap si kecil. Kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah semu.

Apa yang terjadi kalau plasentanya nggak sehat? Seserius apa masalahnya?

Serius banget!

Dr. Boy menjelaskan lebih lanjut masalah terkait plasenta dengan komplikasi serius yang dapat terjadi dalam kehamilan seperti preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, tali pusat yang melilit, prematuritas, sampai kematian janin.

Komplikasi kehamilan tersebut akan menimbulkan efek kesehatan jangka panjang seperti non-communicable disease terhadap anak yang dikandungnya.

Apa saja faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan plasenta?

  1. Usia ibu saat hamil. Risiko yang lebih tinggi dialami oleh ibu hamil berusia 40 tahun ke atas.
  2. Jumlah kehamilan. Semakin sering hamil, tentu kesehatan plasenta juga berpengaruh. Maka dari itu, membatasi jumlah anak juga menekan risiko. Dua anak sudah cukup.
  3. Kehamilan kembar.
  4. Penyalahgunaan zat, seperti misalnya merokok atau mengonsumsi zat aditif selama kehamilan
  5. Gangguan penggumpalan darah.
  6. Pernah mengalami operasi di rahim.

So, memang baiknya dikontrol oleh dokter kandungan ya untuk kesehatan plasenta dan janin.

Nutrisi dan Kecerdasan Anak

Tahukah bapak ibu, plasenta juga sangat berperan terhadap pembentukan sistem saraf melalui mekanisme transport asam lemak esensial? Salah satunya DHA yang berperan dalam pembentukan kognitif atau kecerdasan.

Iyes, jadi makanan bernutrisi baik ibu hamil sangat menentukan tumbuh kembang bayi yang baru lahir. Tentu saja, setelah bayi lahir nutrisi yang baik untuknya selama 6 bulan pertamanya adalah ASI. Sebab pada ASI terkandung berbagai zat yang dapat membantu proses pembentuk sistem saraf pusat.

Sebab, pemberian nutrisi seperti asam lemak, DHA, omega 3, omega 6 serta kolin selama masa kehamilan dan menyusui akan membantu pembentukan sistem saraf pusat.

Eits, bukan saya yang ngomong tentu saja. Ada dong ahlinya di PPEJ 2017 yaitu dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K).

Dr. Herbowo AF Soetomenggolo sharing tentang nutrisi dan kecerdasan anak. Photo by: Fian Khairunnisa
Dr. Herbowo AF Soetomenggolo sharing tentang nutrisi dan kecerdasan anak. Photo by: Fian Khairunnisa

Lagi-lagi ibu berperan aktif di sini. Untuk memberikan nutrisi yang baik bayinya, tentu saja apa? Ya makan-makanan yang bergizi baik dong! Daging, sayur, buah dan susu, nggak pantang makanan apapun. Demi apa? Demi anak sehat!

Disebutkan ada 60% merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, salah satunya adalah nutrisi. Hal lainnya adalah penyakit, lingkungan dan stimulasi.

Yuk ah, mulai perhatian sama apa yang dimakan. Si bapak kalau bisa mengarahkan istrinya juga untuk selalu makan-makanan bergizi, jangan mau kalah sama ngidam makan yang aneh-aneh, heheh.

Senam PRENAFit

Usai mendengarkan penjelasan dua dokter ganteng (yang bikin seger mata), acara lainnya yang bikin seger badan adalah senam bersama instruktur senam Adianti Reksoprodjo. Iya, Prenagen dalam acara PPEJ 2017 memperkenalkan olah raga baru untuk ibu hamil dan ibu yang memiliki anak dimulai usia 4 bulan yaitu senam PRENAFit.

Gampil banget senamnya, nggak berat, cukup modal kursi sama niat supaya dedek bayi sehat.

Senam PRENAFit. Photo by: Fian Khairunnisa
Senam PRENAFit. Photo by: Fian Khairunnisa

Senam PRENAFit ini membantu ibu lebih rileks, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan, kemungkinan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil, dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata/fetal macrosamia.

Beberapa manfaat pada bayi dengan senam PRENAFit diantaranya menurunkan risiko obesitas pada bayi dikemudian hari, dikarenakan ketika lahir, kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan (Clapp, 1998), bayi lebih tenang, memiliki skor kecerdasan umum yang kebih tinggi dan kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai ke usia 5 (Clapp, 1998).

Pokoknya seru banget lah acara PPEJ 2017. Apalagi dibawakan oleh Mona Ratuliu dan bintang tamu Andien Syah yang datang bersama suami. Psst, pasangan ini hebat banget, mereka nggak pakai babysitter untuk mengasuh Kawa. Uwow!

Juga ada Cheff Eddrian Tjhia yang mendemokan pembuatan seed pudding dan smoothie yang berbahan dasar susu Prenagen. Nyam nyam nyam!

Serunya membuat puding Prenagen oleh Chef Eddrian Tjhia. Photo by: Fian Khairunnisa
Serunya membuat seed pudding dan smoothie Prenagen oleh Chef Eddrian Tjhia. Photo by: Fian Khairunnisa

Aplikasi Hallobumil

Aplikasi HalloBumil. Copyrights: HalloBumil
Aplikasi Hallobumil. Copyrights: Hallobumil

Oiya, di PPEJ 2017 kemarin Prenagen juga melaunching aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yaitu Hallobumil. Dulu pas hamil Wikan belum ada yang beginian nih. Padahal asyik banget sebagai pendamping ibu-ibu millennial di dunia digital ini. Karena bisa simpan foto, cek nutrisi, dan masih banyak hal lain lagi yang bermanfaat terutama bagi ibu baru.

Bagi pengguna Android, aplikasi Hallobumil bisa diunduh di sini.

Hallobumil ini aplikasi yang unik, karena seakan-akan si kecil berbincang dengan ibunya mengenai pertumbuhan dan perkembangannya dari hari ke hari.

Diperkaya dengan rangkaian tips serta artikel yang sesuai dengan usia kehamilan, dan menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami, pasti Hallobumil jadi teman terpercaya para ibu dan menjadi perekam yang indah perjalanan kehamilan.

Fitur Utama

Timeline Kehamilan. Dari minggu ke minggu, si kecil akan “berbicara” dengan ibu untuk menyuguhkan informasi yang sesuai dengan usia kehamilan lengkap dengan tips serta artikel yang telah disesuaikan dengan kondisi ibu.

HalloBumil_Fian.me

Artikel. Kumpulan artikel yang kami susun sesuai dengan usia kehamilan, untuk memenuhi informasi ibu hamil. Fitur ini juga memudahkan ibu yang menggunakan aplikasi Hallobumil tidak dari awal masa kehamilan, sehingga ibu tetap dapat membaca tips dan saran yang ada di minggu-minggu sebelumnya.

Kontrol Kehamilan. Pemeriksaan kondisi ibu saat ini, yang dilengkapi dengan informasi terkait dengan kondisi yang ibu rasakan.

Screen Shot 2017-04-15 at 1.15.59 PM

Album foto. Buat menyimpan foto-foto cantik saat hamil dan USG si kecil, fitur ini seru banget.

Yuk lah yang sedang hamil wajib unduh aplikasi ini, biar menambah informasi supaya tetap sehat dan kece.

Segitu cerita saya dari PPEJ 2017, semoga bermanfaat ya bapak dan ibu 🙂

Jangan lupa minum susu Prenagen yang ibu :)
Jangan lupa minum susu Prenagen yang ibu 🙂

Salam,

sign_fian

4 Comment

  1. Akkkkk mb Fian, padahal aku pengin ketemu kamu, kok malah nggak ketemu ya, ya ampun
    Seru ya acara PPEJ kemarin
    Aku jg datang bisa dapat banyak ilmu. Btw Hallo Bumil juga sangat bagus, cocok utk yg mau hamil

    1. Aaaaakkkkk, kok bisa nggak ketemuuuu, hiks. Next time bertemu ya, mbak. Seneng banget ke acara yang mengundang banyak manfaat ya 🙂 See you :*

  2. Aku juga minum susu & juice prenagen. Rasanya enak. Pas banget dateng ke acara edukasi kehamilan dan menyusui yang diadakan Prenagen. Jadi tambah semangat dgn kehamilan ini.

    1. Wiiiiih, semoga sehat selalu ya, mbak. Selamat deg-degan nungguin si kecil lahir 🙂

Leave a Reply