Horas Andhika!

Saya mungkin berterima kasih atas keribetan BPJS, karenanya saya menemukan RSIA yang pas banget di hati, jarak rumah dan yang pasti di kantong dong.

Si bidan Marinir Cilandak mungkin nggak tega ngeliat saya yang melas-melas maksa melahirkan normal di Marinir Cilandak dan nggak boleh karena saya terdaftar pasien BPJS. Pasien BPJS HARUS melahirkan normal di Puskesmas, kalau mau sesar ya baru rumah sakit. Lalu si bidan memberikan opsi beberapa RSIA yang paling masuk akal jangkauannya dengan rumah (kontrakan) kami.

Baca juga: BPJS Oh BPJS!

Kami pun mengecek dua RSIA, yaitu Aulia dan Andhika. Keduanya di Jagakarsa. Setelah menginterogasi petugas administrasi masing-masing RSIA, pilihan kami jatuh pada RSIA Andhika. Hurray! Mudah-mudahan ini RSIA terakhir mengingat saya sewaktu-waktu bisa mbrojol.

Untuk persalinan normal di Andhika bisa memilih dengan bidan atau obgyn. Biaya paling mahal kelas VIP persalinan normal dengan obgyn adalah Rp. 4.000.000, jika plus obat dan lain sebagainya bisa sampai Rp. 5.000.000. Sedangkan dengan bidan, bisa dengan bidan Sri Fatmah (yang punya Andhika) atau bidan staf. Tarif bidan Sri Fatmah untuk kelas VIP adalah Rp. 3.200.000, sedang dengan bidan staf untuk kelas VIP adalah Rp. 3.000.000. Untuk persalinan sesar kelas VIP adalah Rp. 11.700.000,++ (plus plus tergantung seberapa banyak obat digunakan). Di bawah VIP tentu biaya persalinannya kurang dari itu. Biaya tersebut sangat terjangkau kantong saya, jika dibandingkan dengan KMC yang hingga puluhan juta.

Di Andhika, saya pilih Dokter Tagor P Sidabutar, SpOG, karena memiliki jadwal paling banyak jadinya lebih fleksibel. Pilihan saya nggak salah. Dia langsung jadi obgyn favorit saya selama masa kehamilan saya. Aksen bicaranya khas Batak yang tegas, namun obgyn satu ini humoris nan logis. Dia menjawab semua pertanyaan yang saya tanyakan dan tidak terburu-buru meski banyak pasien yang antri. Pokoknya jempol banget deh buat Dokter Tagor!

Biaya konsultasi obgynnya Rp. 110.000 dan USG Rp. 10.000 untuk biaya cetaknya. Lumayan terjangkau kan?

Untuk kamar-kamarnya, kebetulan suami saya yang mengecek jadi hanya satu ini saja fotonya (dan ini pun nggak tahu kelas berapa, yang pasti antara VIP, Utama, dan Kelas 1). Saya nggak sempat cek, karena waktu kontrol kamarnya penuh. Foto ini diambil sebelum saya kontrol waktu suami saya survei RSIA sendiri.

IMG-20141002-WA0005

Testimoni suami yang gila bersih, RSIA Andhika termasuk dalam kategori bersih. Baby-nya rooming in meskipun di kelas 3. Kelas VIP, Utama, dan Kelas 1, hanya untuk satu pasien. Kelas 2, dua pasien, dan kelas 3 ada 6 pasien kalo saya tidak salah. Yang jelas di kelas paling mahal, harga masih dalam jangkauan. Saya pun lega langsung ngeklik dengan RSnya. Kenapa nggak dari dulu-dulu yah di sini :p

Sekarang tinggal deg-degan menunggu kelahiran Bumbum 🙂

Ps. Alamat RSIA Andhika: Jl. Warung Sila No. 8 Gudang Baru, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Telp 021-786 3408, 021-7888 7087.

One Reply to “Horas Andhika!”

  1. Ini dokter favoritku juga. Sayangnya dia ga melayani BPJS 🙁 jadi kali ini aku melahirkan sama dokter yang lain.. Dr Husni juga sabar 😉 kalau Dr tagor ceplas ceplos to the poin yah:)

Leave a Reply